There was an error in this gadget

Wednesday, December 31, 2008

lagi,Selamat Tahun Baru !!

udah tahun baru lagi. gak ada yang istimewa sebenarnya. kebetulan tahun baru hijriyah berdekatan dengan tahun baru masehi. mungkin itu yang tak biasa, jadinya libur panjang yang menyenangkan bagi sebagian orang. tapi tidak bagi aku dan beberapa teman yang menanti eksekusi. jadi terhalang sebentar untuk ngurus segala tetek bengeknya. mungkin hikmahnya aku harus rehat sejenak biar tak terlalu tegang. agak ngeri dan sedikit ngilu memang kalo ngebayangin ternyata udah mau tahun baru lagi. padahal rasanya baru kemaren orang-orang teriak..selamat tahun baru!!! baru kemaren rasanya orang-orang mendadak jadi tukang jagung bakar. rasanya baru kemaren juga posting tulisan di blog tentang tahun baru. ternyata udah tahun baru lagi. ternyata udah harus beli kalender baru walopun kalender tahun ini gak punya. tapi setahun itu tak terasa. kayak nyiur angin di pantai saat malam.

kemaren gak sengaja jadi teringat. terbawa atmosfir menjelang tahun baru. gara-gara di TV pada heboh kaleideoskop semua peristiwa, jadi flash back lagi. setahun lalu apa aja yang udah kulakukan dan kujalani? sulit rasanya melist kembali. kalau di ingat-ingat lagi semampunya lebih kurang kayak gini..awal tahun 2008 lalu baru berbenah dari patah hati karna di tinggal nikah (ehem) trus akhir januari akhirnya bisa nonton konser MCR dijakarta bareng dania yang tak terbayangkan sebelumnya. itu nekat namanya. yang istimewa, pada pertengahan tahun, aku mendapat anugerah sebagai pengganti yang telah berlalu. jadi kayak ABG lagi..aahh jadi pengen malu.semoga Tuhan merestui.

apalagi ya..ya ternyata selama setahun ini yang menyita banyak waktu dan pikiran serta perasaan apalagi keuangan adalah urusan skripsi yang luar biasa ini. ya bulan-bulan yang dilewati dalam tahun 2008 ini cukup melelahkan. babak belur untuk merampungkan semuanya. nguber-nguber doping yang gak lari kemana-mana sebenarnya. semoga awal tahun ini bisa menyelesaikannya dengan baik. semoga Tuhan meridhoi dan memudahkan semuanya. aamiiin..semoga eksekusi tahun depan berjalan dengan baik dan lancar.

tapi apa kabar dengan perjalanan spritualnya? ah masih kering saja...makin terperosok saja. makin datar saja. ternyata belum menemukan cambuk yang bisa membuat bangkit kembali dari tidur panjang. terlalu banyak iblis yang membuntuti untuk siap memperosokkan dalam jurang. ahh Tuhan... sekali lagi aku berharap semoga waktu yang masih kau sisakan buatku dapat terlewati dengan baik.

semoga hanya akan ada kebaikan di tahun depan dan semoga hanya ada kebahagiaan yang menaungi diri dan hati ini di tahun depan.
selamat tahun baru hijriyah 1430. selamat tahun baru 2009!! tahun 2009 = tahun kesejahteraan..semoga!! wish me luck (bukan iklan rokok)

nb: jangan terlalu percaya ama ramalan yang lagi rutin di semua stasiun TV melalui infotainment setiap hari menjelang tahun baru...heheheh





Tuesday, December 30, 2008

HappY EnD Year

akhirnya mbak nung nikah. rindu hatinya bersanding dengan tambatan hati telah terpenuhi. impiannya meniti hidup baru bersama sang lelaki pilihan telah terwujud. akhir tahun yang bahagia. kado istimewa dari Tuhan untuk menutup tahun 2008 ini. bahagianya bukan kepalang melihat sahabat yang satu itu bersanding dipelaminan hari minggu lalu (28/12), mengingat perjalanan hidup dan cintanya yang penuh liku. tapi ternyata semua ada bayarannya. semoga bahagia itu kekal selalu.aku ingat betul, beberapa bulan lalu saat mbak nung kasih kabar lewat sms, minta doanya karna akhir desember akan menikah. mendadak kena serangan bahagia yang luar biasa. gak tau kenapa. yang mau nikah siapa, yang girang bukan kepalang siapa. tapi emang aku merasa seolah-olah yang ngalamin sendiri peristiwa bahagia itu . ahh aku bahagia untukmu mbak nung.. hanya itu yang bisa kujawab atas berita itu.
aku pun jadi teringat..saat-saat dulu kami selalu berangan-angan tentang siapa yang jadi jodoh kita. saat kami mencoba menemukan puing-puing berserakan tentang cinta dan kasih sayang. serta meraba-raba tentang laki-laki idaman yang sebenarnya. ahh ternyata..mabk nung lebih dulu membangun mahligai itu. ya walaupun dari cerita mbak nung, kalo drama pertemuan dan pernikahan mereka begitu mengharukan tapi toh..semuanya sudah terbayar sekarang.

laki-laki pujaan mbak nung mampu membuat mbak nung tertawa setiap saat. selalu menggores senyum pada wajah mbak nung yang pagi itu dihias dengan riasan sederhana namun membuat kau tampak beda. kata orang aura bahagianya keluar...duhai..

sehari sebelum menghadiri pernikahan mbak nung, akhirnya aku mendapat kabar dari simbah. ternyata simbah udah punya anak. aku gak kebayang gimana jadinya orang sebohemian itu bisa jadi bapak. hehehe bisa-bisa anaknya ikut nyeleneh. kayak doanya si james,...semoga gak kayak bapaknya.aaminnn.
"maaf dang...bini ku cemburunya luar biasa kalo ada yang mengubungiku maka gak kasih kabar" kata simbah waktu dituduh kejam karna gak kasih kabar. walau agak najis dengernya tapi betapa bahagianya sahabatku yang satu itu. yang sedang dimabuk kepayang atas cinta pada istri dan anak laki-lakinya yang diberi nama ernesta nayaka.

2 sahabat lama waktu D3 telah gugur di pelaminan. selamat berbahagia kawan!!! semoga langgeng. kalo kata jrink..wah malam pertama mbak nung malam taon baru. dasar!! secara kami berniat mau ngumpet di bawah kasur ketika malam bersejarah itu dilaksanakan hehehe. malam dimana berakhirlah sudah masa lajang kawan lama kami itu...kikikik... mbak nung yang digodain saat kami pamit pulang, hanya tersipu malu. wajahnya bersemu ketika digodain tentang malam pertama. secara jrink yang mesum dengan biadabnya nyaranin mbak nung untuk latihan pernafasan. dengan joroknya jrink juga ngebayangin mbak nung di malam itu. aku pun juga memikirkan hal yang sama..ahh dasar!!!

prediksi sementara kalo jrink yang akan segera menyusul wakakakak...dulu emoh sekarang udah napsu, secara udah punya nyong ni.hihihi
akhir tahun yang bahagia buat sahabat kami..semoga di tahun depan akan hanya ada kebahagiaan dalam hidup kita semua. semoga aku juga bisa menjadi bagian dari kebahagian itu..aamiiinn...wish me luck...


Saturday, December 20, 2008

ProYek GAgal :(

janganlah menangis
terkadang cinta itu sadis
dan janganlah marah
terkadang cinta bikin susah
(Aku-PAs Band)


ada obsesi jadi comblang dari dulu. setiap 2 pihak temen yang dirasa cocok pasti ada napsu untuk menjodohkan. padahal kan jodoh ditangan TUhan bukan ditangan orang Batak-ini sih kata boli- tapi tetep aja ada hasrat ingin menjodohkan orang-orang. dari dulu juga udah berusaha ngenalin temen ke temen yang lain untuk bisa lanjut ke pelaminan. tapi ya dari dulu juga gagal. mulai yang berakhir ampe kenalan doang, ampe berakhir dengan selamat tinggal alias gak ada kelanjutan. ya paling nggak yang bikin lega ada yang ampe jadi temen aja. emang ada?
karna kegagalan-kegagalan tadilah, yang kadang memicu untuk selalu semangat menjadikan 'proyek hati' itu berhasil. entah karna gak bakat ato emang Tuhan gak ridho, tapi ya selalu aja gak pernah mencatat prestasi. beda ama nomie -yang selalu mengklaim kalo dia adalah comblang berhasil- ya walopun satu untuk selamanya alias yang berhasil cuma itu thok dan itu thok yang bisa dibanggain..wakakakak tapi tetep aja ada yang berhasil..upss maap Mi..hehehehe
kejadian terakhir kita (saya dan satu oknum ganas yang lain) mencoba proyek hati yang baru. dengan semangat 45 dan dengan gejolak syahwat kawula muda kami mencoba mendobrak pintu hati 2 pihak (si H dan si A) yang abis patah hati..weits..
jadilah acara perkenalan diselenggarakan, dan begitu jauh begitu baik alias so far so good..hehehehe.. dengan begitu kami pede setengah mati atau lebih tepatnya optimis kalau proyek hati ini berjalan mulus...alhamdulillah tabungan di surga udah dicicil(pikirku dalam hati)...tapi ya emang nasib gak mujur.. si cupid tak kunjung tiba dan bakat comblang tak punya maka proyek hati tersebut harus berakhir tanpa campur tangan kami lagi dan dengan menyisakan luka yang amat sangat dari salah satu pihak. ibarat kata uda arul, yang satunya udah jadi 'korban perasaan'. otomatis muncul rasa bersalah sekaligus rasa kasian ma yang jadi korban itu tadi. duhai bukan itu yang diharapkan oleh kami. tapi mau gimana lagi kedua pihak sudah berusaha saling melebur tapi namanya air ama minyak sulit buat di oplos. jadilah perpisahan. arrghhhhh.... jadi bikin agak trauma ni buat ngelakuin hobi ni lagi..hiksss...
rada kecewa sih...tapi ya namanya cinta gak bisa dipaksain. ternyata kalo emang selama menjalaninya gak bisa bertahan ya mending balik kanan maju jalan ketimbang jalaninnya terpaksa. teman yang satunya-untuk kesian kali patah hati- jadi tambah stress, tapi masalahnya kami tak tau buat apa lagi. sudah berusaha mempertemukan tapi kelanjutannya tak semulus yang dibayangkan. mungkin bukan rejekinya. yang jadi perkaranya sekarang, si teman itu udah bermain hati. sedang teman satunya lagi sedang bermain kartu..eh salah ya...sedang tak ingin terburu-buru bermain hati. apa mau dikata..kami sebagai fasilitator hanya cuma bisa mengantarkan sampai tahap seleksi administrasi, karna tahap selanjutnya diserahkan pada owner hati masing-masing (emang ngelamar kerja!)
kami bisa bilang, ya udahlahhh dilupain aja. tapi si teman yang sakit hati tadi mana mungkin sim salabim bisa lupa dan dengan cepat ngilangin perasaan (tak secepat munculnya perasaan dan jatuh hati). alhasil, muncul efek samping. jadi ngerasa gak pede, jadi down tapi yang pasti bukan down syndrome, jadi gak semangat lagi, jadi tambah minder dsb. ahhh aku tau banget rasanya..tapi apalah daya..hikss

tapi aku berharap semoga dirimu bisa bangkit lagi teman. perjalanan masih panjang. semoga kau nikmati luka, lalu kau bungkus trus kau simpan rapat tanpa harus membukanya lagi. semoga hari ini tergantikan di esok hari. semoga air matamu yang kesekian kalinya ini akan terbayar dengan bahagia yang abadi. maafkan daku dan partnerku yang tak bisa banyak membantu. proyek hati ini harus berakhir dengan berat hati. semoga kau bisa berbesar hati dan kau temukan seorang yang tepat di lain hari.
maaf aku tak bisa berbuat banyak....

cintamu terluka

kepada H, semoga luka itu membuatmu bangkit lagi

aku tau ada sebuah jurang nan kelam
pada hatimu
baru saja terjadi saat embun sampai
pada tetes terakhirnya
di dalam dasarnya kutemukan pula
sebuah luka yang menjalar
hingga kepermukaan
kau jatuh saat dahan kering
patah terinjak kakimu.
karnanya kau tersungkur
hingga tak ada yang mampu menggamit tangan&hatimu
aku tak mampu mengajakmu pulang
untuk menikmati indahnya diluar sana
sedang kau berkurung pada muram dan duka.
tapi tau kah kau bahwa angin
berkesiur bersama kabar
bahwa ada sayap yang kan menjemputmu
mungkin hingga petang nanti.


my second home, 20-12-08
pkl .15:18 WIB




Tuesday, December 02, 2008


BICARA CINTA

Ternyata pelan-pelan saya menemukan alasan kenapa Tuhan benar-benar mengagungkan orang tua. Karena pada mereka ada lukisan cinta abadi yang luar biasa energinya. Kata Anis Matta dalam tulisannya, bahwa bila seseorang mampu mengatakan ‘aku cinta padamu’ maka itu artinya dia rela berkoban apapun untuk anda. Ada konsekuensi pengorbanan di dalam kalimat tersebut. Saya berkali-kali berharap agar makna pernyataan itu saya temukan pada hubungan antara laki-laki dan perempuan baik dalam kehidupan saya maupun orang disekitar saya.

Tapi belum kunjung saya temukan. Kenyataan itu malah ada pada kedua orang tua saya dan mungkin pada orangtua-orang tua lain di dunia ini.
Pelan-pelan dengan kebesaranNya, Tuhan membuktikan bahwa orang tua benar-benar sanggup berkorban apa saja untuk anak-anaknya. Mengorbankan dirinya bahkan sesuatu lain yang dicintai demi anak-anaknya. Bertahan pada penderitaan yang luar biasa hebat demi anak-anaknya. Terlepas dari memang Tuhan telah menggariskan hal tersebut pada mereka, tapi cinta mereka luar biasa ajaibnya.
Dengan pikiran yang serba kurang ini, saya jadi yakin pengorbanan yang tak tertandingi oleh apapun itu hanya ada pada kedua orang tua. Dari kecil hingga sekarang saya melihat ayah saya yang sangat bersahaja itu diberi kekuatan oleh Tuhan untuk melakukan apa saja demi anak-anaknya. Berjuang dengan kerasnya tanpa memikirkan diri sendiri agar anak-anaknya tak mewarisi penderitaan. Kalau ditelusuri, semua itu karena cintanya pada anak-anaknya. Kecewa pada perlakuan anak-anaknya lantas masih sanggup memaafkan dan menerima kembali itu bagi saya wujud cinta yang tak tertandingi. Ada energi yang luar biasa disana yang mampu menandingi luasnya samudera. Bertahan dalam kekecewaan karena dikhianati agar anak-anaknya tetap bahagia itu adalah pengorbanan yang tak bisa diwakili dengan kata-kata hebat apapun.
Sementara emak, sebagai perempuan mungkin ia butuh dimanjakan oleh kemewahan, oleh perhiasan dan kebahagiaan dunia lainnya, tapi mungkin tidak bisa dipenuhi demi kebahagiaan anak-anaknya. Mengalah untuk itu merupakan pengorbanan yang luar biasa juga bagi saya. Mungkin kepada istri atau kepada suami masih ada sesuatu yang terabaikan tapi kalau kepada anak tidak ada yang luput dari perhatian. Segalanya bisa diusahakan dan diperjuangkan.
Cinta luar biasa tersebut mungkin yang bisa mencapai cinta Tuhan. cinta orang tua adalah potret cinta Tuhan yang hakiki. Pantas saja Tuhan menomer satukan orang tua dari segalanya di muka bumi ini. Pantas saja Ridho orang tua adalah juga Ridho Tuhan. Sebegitu mulia posisi orang tua karena mengingat luar biasanya cinta merekapada anak-anaknya. Pengabdian atas nama cinta yang mereka punyai itu tak bisa digantikan oleh apapun yang berharga di dunia ini. Tidak ada yang didapat mereka dari anak-anaknya dan mungkin memang tak bisa terbayar. Padahal sebelum hadir anak begitu dirindukan kelahirannya. Sejak kecil di rawat dengan cinta, dibesarkan hingga dewasa. Di sekolahkan sampai jenjang tertinggi sesuai dengan kesanggupan mereka bahkan diluar dari kemampuan mereka hingga berhasil. lantas pada suatu hari mereka merestui kepergian anak-anak mereka dengan pendamping hidupnya untuk mencari kebahagiaan yang lain. Lalu apakah yang ditinggalkan buat mereka? Lalu apa yang mereka dapatkan? Maka itulah kenapa Tuhan murka semurka-murkanya bila si anak tega menyakiti kedua orang tuanya. Karena dari proses tersebut tak ada yang bisa dibayar dengan apapun yang dimiliki si anak. Karena hanya Tuhan yang punya balasan untuk itu semua.
Kata orang cinta itu tidak menyakiti, maka bukankah tidak ada orang tua didunia ini yang sedikitpun terbesit di hatinya untuk menyakiti anaknya? Malah sebaliknya si anak yang mampu menggores luka dihati mereka dengan atau tanpa disadari.
Saya jadi ingat prinsip hidup orang Batak yang mengatakan Anakkokki do Hamoraon Di Au yang artinya Anakku Adalah Harta Bagiku. Anak merupakan harta yang termahal bagi orang tua dan melebihi uang sebanyak apapun. Jadi walaupun hidup susah tapi tetap memperjuangkan agar anaknya bahagia karena kebahagiaan anak adalah segalanya bagi orangtua. Di kampung saya sana, banyak inang-inang parengge-rengge (emak-emak yang berjualan dipasar dan dipinggir jalan) yang memiliki anak banyak namun semua sudah jadi sarjana dan berhasil di rantau orang. Biar kata baju robek dipakai, makan gak makan asal anaknya semua bisa bersekolah. Biar hutang kemana-mana tapi anaknya yang merantau pulang dengan sukses. Biar hidupnya susah tapi pantang mewariskan kesusahan itu pada anak-anaknya. Pantang baginya untuk mengatakan tak ada uang agar anaknya yang sedang bersekolah tak patah arang walaupun kenyataannya memang demikian. Ahh...cinta itu benar-benar punya kekuatan yang luar biasa.
Bukankah sejatinya Tuhan hampir serupa dengan orang tua? Ketika sedang luka maka kita ingat pada mereka. Namun ketika sedang suka terkadang mereka terabaikan. Bukankah pada Tuhan kita pun seperti itu? Ketika suka yang amat sangat kita kadang lupa pada yang empunya segalanya itu, namun ketika diterpa gelombang duka kita datang padaNya tanpa rasa malu bahwa sedetik lalu telah terlupakan? Itulah sejatinya Cinta Tuhan. Tempat bermuara segala cinta. Cinta yang sejatinya tak tertandingi oleh apapun. Kekuatan cinta Tuhan mampu membuat manusia ada dan menikmati indahnya jagad ini. Bukankah kekuatan cinta yang sama bisa diraba pada cinta orang tua hingga kita mampu bertahan dalam hidup ini? Benar kata mbak nung, ‘ma...cinta abadi itu adalah cinta seorang ibu dan cinta sejati itu adalah cinta Tuhan’. Ya mungkin pilihan kata itu sudah cukup mewakili maknanya masing-masing dan saya pun paham benar maksudnya.
Saya pun jadi teringat percakapan dengan seorang teman lainnya beberapa tahun silam. Dalam obrolan kami itu, kami sepakat bahwa setiap kecewa yang dialami manusia akan bermuara pada cinta Tuhan dengan jalan apapun. Terkadang untuk menuju Tuhan harus melalui sekumpulan kekecewaan yang kadang tanpa disadari bahwa sebenarnya itu adalah jalan yang mengantarkan pada cintaNya. Ah mungkin kami saja yang berlebihan menyimpulkan hal tersebut.