There was an error in this gadget

Saturday, May 31, 2008

Website SBY

Banyak pendapat(pendapat itu kata ganti orang ato kata ganti apa ya? :P) yang mengungkapkan Presiden RI yang sekarang paling komunikatif dan interaktif serta sadar teknologi informasi. Buktinya, dulu pernah pada saat kunjungan ke luar negeri, SBY memimpin rapat para staffnya dengan menggunakan teleconfrence langsung tanpa hambatan..online nih ye...
Trus ada layanan SMS 9949 yang dibuka untuk masyarakat umum untuk menyampaikan berbagai keluhan, ya pesan dijamin sampai tapi belum ada jaminan ditindaklanjuti.hmm...

Eksis..eksiss... nah ada lagi..masyarakat boleh akses ke websitenya pak SBY yang beragam isinya. bisa liat foto-fotonya, bisa liat biografi ato profilnya, pidato-pidatonya dan banyak lagi. eh juga ada ruang khusus buat si Ibu negara di pojok kanan. hihihihi ada juga ruang buat istana RI. boleh juga tuh... ya mari berkunjung ke website si bapak negara yang baru-baru ini didemo banyak kalangan gara-gara BBM naik lagi.. silahkan kirim kritik dan sarannya dan berdialoglah secara langsung dengan Presiden RI yang juga hobi menyanyi dan nyitapin lagu ini

klik aja http://www.presidensby.info

selamat Datang (sekali lagi!!!)

udah bulan baru lagi.. bisa semangat baru lagi gak ya. mau gak mau semangat ama otaknya harus di upgrade lagi. pencerahan kemaren sempat mampir. tapi masih mecet lagi.hehehe Dasar!!! gak konsisten. nyari data di internet cuma bertahan 2 menit selebihnya ngeBlog en surfing lain-lainnya. selama berhari-hari...Kyaaa...apa-apaan ini. fiuhh..Mpe kapan jeng..
kemaren agenda pertama yang dilakukan begitu di jogja, nonton NagaBonar (bentar lagi muntahnya isi Nagabonar) eh...ternyata udah ditarik filmnya (bukan tarik jabrik, apalagi tarik kolor). yahhh terpaksa nunggu Ori di rental ato toko kaset. trus reparasi proposalnya kapan selesai?? nah loh....mampus aja. hihii serem amat ya. berapa bulan udah kosong melompong. waktu terbuang percuma, gak menghasilkan apa-apa. banyak ragunya... gak tau kapan terima wangsit dan mendadak selesai.
Si Emak pernah komentar..jangan yang susah yang diambil dan dibahas, ntahlah mak...ini udah terlanjur. kirain akan mulus2 aja. eh ternyata.... mau ganti lagi udah kepalang tanggung. macam2 ngeri awak bayanginnya. ikh... yang namanya target dulu ada.. cuma polisi buat target itu kurang galak, jadi molorlah bak tali kolor yang udah bertaun-taun ditarik2.
cammano putri iko?....
ayolah....otakku yang beku....cairlah kembali agar hati ini tenang dan riang. otakku yang masih kaku, rilekslah agar aku mampu berpikir lagi setidaknya bisa selangkah lebih maju... akh nabahatan kecekmu aha... benci awak pada diri sendiri hahahaha...(bisa-bisa isi blog ini 80 % tentang curhatan to refleksi sk..ri..p..si... jelek kali ya...kalo sampe terjadi dihapus ajalah)..lho??? ini percakapan siapa sih??

selamat datang Bulan baru..... semoga kau membawa satu paket perubahan dan harapan baru yang mengantarkanku pada kenyataan baru nan begitu indah..sudah lama kau terperosok dalam lumpur kebuntuan yang kelam....

"hoiiiii ada yang bisa bantu????"

Monday, May 26, 2008

Travelling bersama ScreenDocs!!!

"itu cuma eksploitasi kemiskinan" kata si mas Yus mengomentari soal sederetan film dokumenter yang kulahap selama tiga hari berturut2 di acara screenDocs kemaren. sambil menyeruput kopi setengah anget yang mendekati dingin itu, kami sempatkan ngobrol2 singkat. apalagi film yang barusan ditayangkan adalah film terakhir sejak 21-23 mei.

kebetulan film terakhir yang judulnya 'cresent moon over the sea' itu tentang kehidupan masyarakat di pulau Sumbawa. si mas yus yang merasa ada kedeketan secara geografis dan psikis berpendapat kalo beberapa kisah yang diangkat terkadang suatu hal yang berlebihan dalam artian bahwa kehidupan masayarakat disana memang begitu kebiasaannya bukan mutlak produk dari istilah yang akhir2 ini sering disebutkan yaitu 'kemiskinan'.

menurutmu?.....kalo aku ya mas...melihat semua kenyataan yang diangkat dalam film itu sebuah realitas yang bukan mengharapkan keuntungan tapi melainkan mengharapkan empati dari yang menonton lebih tepatnya anak-anak muda. efek selanjutnya yang diharapkan adalah efek behavioral, sikap, prilaku ato apalah namanya. berbuat sesuatu yang berharga lebih tepatnya. yang sederhana saja tapi bermanfaat. film tidak lagi hanya produk artistik, seni dan hiburan. tapi lebih menonjolkan fungsi komunikasi massanya yang bisa mengontrol sosial bahkan dengan kekuatannya mampu menggiring orang2 untuk berbuat.
agar Indonesia tidak terlalu lama menghibur diri hingga kenyataan sering diabaikan. agar para pembuat film Indonesia tidak 'hollywood minded' yang berjuang mati2an agar dalam film mereka adegan ciuman itu wajib hukumannya. biar gak selalu pengen keren kayak film barat yang walopun film dari hollywood yang bagus tidak selamanya seperti itu.
biar film indonesia tidak melulu hanya mengatasnamakan realitas yang terkadang hanya bisa ditemui di Jakarta saja. biar film Indonesia tidak hanya berisi ketidak wajaran, yang GAk indonesia banget, yang jenis film India ato pun film Barat. biar para penonton film gak terjebak pada cinderalla story kayak kata pak Sultan tempo hari.

mungkin maksud si mas yus agar jangan sekedar meratap dan kasian saja. lantas diberi sesuatu hingga makin terjerumus dalam kemiskinan ato kemalasan. setuju saja !!!

tapi bagi saya.... rentetan kisah yang diangkat dalam beberapa film tersebut membuat hati saya terhujam belati. ada yang membuat gerimis di hati ini. sebut saja film 'water from heaven', yang ceritanya tentang anak-anak kecil yang bersusah payah menyebrangi sungai sambil satu tangan mengangkat baju sekolah agar tidak basah. atau film 'paggoyang cadia' yang bercerita tentang anak kecil di makassar yang mencari nafkah diusia 14 tahun dengan mengayuh becak. dan banyak lagi. Di bagian lain dalam hati ini terbesit rasa syukur bahwa saya masih jauh..jauh...lebih beruntung dari para tokoh film tersebut.
masa kecil saya tak perlu terbagi dua antara bermain dan bekerja. rezeki yang mengalir ke tubuh ini begitu cukup bahkan berlebih.

airmata saja bahkan sudah habis oleh dendam yang tak beralasan ini. sudah separah itu bangsa yang katanya negeri amat kaya. sudah sekejam itu negeri yang katanya amat indah ini.
ahhh bangsa ini sudah terlanjur sakit...sudah parah. wacana, realitas sudah banyak di uapkan kepermukaan. tapi belum ada satu pun yang mampu diselesaikan.

satu sisi sekumpulan manusia-manusia yang disebut rakyat itu mengais2 makan, mengais2 yang katanya hak mereka dalam undang2 negara ini, di sisi lain para petinggi dan kelompok konglomerat membuang, mengeruk duit yang bukan haknya. menjual satu persatu kekayaan bangsa ini bahkan menjual saudara2nya sendiri pada pihak yang terlalu kuat untuk membeli segalanya. seperti yang dikisahkan di film 'gubuk reot di atas minyak internasional' bahwa diatas sumber minyak yang sudah diserahkan pada pihak asing itu masih banyak penderitaan diatasnya. sekolahnya rusak parah, masyarakatnya masih curi-curi ngambil minyak yang sebenarnya menjadi hak mereka juga.
pantas saja sisa2 rasa manusiawi itu mendadak berkembang menajdi embrio kebinatangan untuk mendapatkan apa saja dalam situasi seperti ini.

tapi diakhir sesi obrolan kita di angkringan, kita sepakat kalo empati tadi harus berakhir pada sebuah tindakan yang manfaat. mungkin tidak hari ini, tapi semoga besok bisa. semoga 3 hari ini akan terpatri untuk selamanya. ehem.... btw nasi goreng yang dilibas sampe licin ini juga bercerita banyak tentang sesuatu yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Tuesday, May 20, 2008

Semua pasti ada jawabannya !!!

---La Tahzan Innallaha ma'ana---


kemaren jalan-jalan keliling jogja bareng mas bowo. gara-garanya lagi bete. lagi gak enak ati. setidaknya masih punya waktu sehari sebelum balik lagi kesolo besoknya. ya setidaknya disempatin aja.hehehe. akhirnya berangkatlah kita menyusuri jalan..kalo ditanya, mau kemana nih? aku cuma jawab..terserah aja..yu atur yu celana dalam :P.. di jalan kita nyanyi dengan nada gak jelas dan sekenanya. setengah berteriak udah kayak orang gila. "mas...gimana kalo kita nyerahin diri aja ke pakem ato puri nirmala..udah kita ngaku aja" mas bowo malah ketawa...karna kita layaknya 2 orang gendeng yang jalan tanpa tujuan. mungkin suasana hati lagi gak enak makanya semuanya jadi serba salah. bisa jadi penyakit bulanan perempuan yang kadang bikin perasaaan mendadak halus dan melodrama. mas bowo ampe bingung dengan kelakuan yang aneh hari ni. gak pernah2nya dia liat sang preman takut2 masuk mesjid. malu diliatin orang dan sebagainya. wuihh repotnya...sori mas...besok gak lagi dehh hehehe....

perjalanan hari ini ditutup dengan beristirahat di nol kilometer jogja. duduk dibawah senja yang indah bersama dinamisnya rutinitas hari ini. bersama ramainya tingkah polah berbagai macam orang. melihat pertunjukan kehidupan yang begitu dekat begitu nyata. sarat makna walau terlihat sangat sederhana.

ya udah deh....apa yang terjadi hari ni, biarin aja terjadi. biar berlalu dan lewati dengan lapang hati. besok adalah gaib, semuanya adalah kehendakNya. terjadi maka terjadilah. ndak perlu ngotot, kerjakan sebisanya dan setelahnya berserah padaNya. berharap yang terbaik adalah alasan yang cukup baik untuk optimis.

Wednesday, May 14, 2008


Mengalirlah seperti air...

berbeda dengan tahun2 sebelumnya. begitu sederhana.biasanya ada sesuatu yang istimewa kulakukan dihari itu. hal yang paling tidak bagi diri sendiri adalah istimewa. tapi kali ini lain cerita. entah karna situasi ato memang usia yang membuat seperti ini. nothing special. gak ada harapan baru, gak ada refleksi, gak ada renungan, gak ada resolusi, gak ada target ato apapun namanya. gak ada istilah buka lembaran baru. mungkin karna udah keseringan kayak gitu. jadi sekarang biasa aja. lakukan sebisanya, semampunya dan mengalir begitu saja. gak pengen yang macam2, yang muluk2. cuma gak mau lagi kesandung ama cerita suram masa lalu. cuma pengen apa yang udah dikaruniakan terjaga dengan baik. semuanya berjalan dengan baik. SEmoga Tuhan masih tetap bermurah hati.
stokmimpi dan obsesi masih begitu awet. .ya terang aja, belum terjamah oleh dunia realitas. semoga masih diberi hari esok untuk mewujudkan semuanya. hah...

enyahlah bersama buih dilautan
pergilah bersama nyiur angin yang menyapu kering siang ini
atau dengannya dingin malam menyeruak sepi nan kelu
menguaplah kelangit bersama bulan separoh dan kelip bintang
yang selalu mengingatkan tentang pekatnya malam
ketika sang Bumi berbincang pada langit
maka hati enggan menoleh
saat itulah hidup akan berkemas...
lenyap ditelan sunyi
(DharmaLubis)

Wednesday, May 07, 2008


OTak Ku Buntu (bukan sejenis distro linux!!!)

......... i'm not crazy i'm just a little unwell i know .....
(Unwell-Mathcbox twenty)


ada yang gak beres didalam otak ini. kepala ini mendadak buntu. mandeg. membeku.padahal banyak hal yang harus diselesaikan dengan segera. mungkin saat ini lagi berada di tahap pengendapan dari beberapa tahap proses kreatif yang pernah pak Pur bilang dulu. tapi kali ini bener-bener pusing setengah mati. gimana gak...skripshit (minjam istilah boli) ini gak juga jelas ujungnya dimana. kendala internal dalam diri ini memang pengaruh terbesar. jadinya jalan mentok, gak kemana-mana. faktor eksternal mungkin hanya seperberapa persen aja. justru kondisi kayak gini yang bikin stres berat. gak bergerak kemana-mana. mau maju, masih ragu, para pengampu sendiri malah jauh membuat otak dan hati ini bimbang. mau mundur, cari yang lain tambah bingung. modar aja kalo kayak gini terus. fiuhh... nyari temen diskusi susahnya setengah mati. alhasil lebih suka berdiam diri. cuma bisa nunggu cahaya terang dari langit. padahal diri sendiri tau mau ampe kapan kayak gini?
ntar kalo udah dapet pencerahan, ada aja yang bikin kepentok lagi. kalo udah gini penyakit males, uring-uringan selalu menyusul. kalo udah gitu ada pertanda stagnan lagi.

sebenarnya haram hukumnya kalo nyerah ama keadaan. dan konsekuensi logisnya yang namanya orang sabar harus di coba dulu, harus melewati ujian seberat apapun itu. tapi hati dan otak yang lagi gak beres ini tetep aja gak mau peduli. butuh pawang biar jadi jinak dan mau berdamai dengan tugas yang harus diakui kalo unsur terpaksanya lebih dominan daripada sumbangan untuk pendidikan dan intelektualitasnya.

doa mudah-mudahan udah tiap hari dipanjatkan. sampe semua orang yang menanyakan kabar di todong buat doain. sampe2 kalo ditanyain, gimana udah selesai. jawabannya dengan mantab..."doakan aja yak!" hah!!! padahal semuanya juga harus diiringi usaha yang keras. usaha ini yang kayaknya masih mendekati skala minus. cuma ditinggal dosen tidur selama 2 hari janjian aja udah gentar. cuma dikasih waktu ketemu sekian detik aja udah bikin semangat molor kayak tali kolor kebanyakan ditarik-tarik. cuma bisa nunggu...nunggu dihajar mungkin! cuma bisa kasih selamat buat temen2 yang udah maju ampe bab-bab selanjutnya. cuma bisa ngomong doang ke rumah.."iya ni lagi dikerjain kok"... sekarang gak ada yang bisa nyelamatin kecuali Tuhan dan diri sendiri. fiuhhh....sampe kapan???? harus gimana ya? biar bisa cepet jalannya. harus gimana juga biar lebih semangat melewati semua ini?

Friday, May 02, 2008


Perempuan...

beberapa hari ini yang jadi topik pembicaraan dengan mbak lia adalah tentang perempuan. baik dalam diskusi serius atopun dalam obrolan makan siang kita selalu bicarain perempuan.yang diobrolin juga banyak aspeknya. salah satunya adalah stigma bahwa perempuan adalah lemah dan lembut secara pemikiran atopun perasaan. kita bedua juga ngeliat temen-temen sekitar yang halus banget perasaannya dan ada juga yang kayak orang bar-bar kayak kita. kalo kata mbak lia...bisa-bisa kita jadi feminis lho..hehe walopun secara konsep dan teori kita sendiri kurang paham tentang makna dan perjuangan yang diusung kaum feminis barat atopun timur. yang radikal maupun yang halus.
gara-garanya juga semakin banyak temen-temen yang masuk dalam daftar BSH (barisan sakit hati). kalo istilahnya mbak lia, korban laki-laki..sori mbak yang ini ane agak tersinggung :P. ya apapun itu nama dan bentuknya terkadang sakit hati yang memicu pandangan-pandangan baru tentang sesuatu baik secara sempit atopun komprehensif...tapi disini saya gak pengen bahas tentang itu.
kemudian, muncul wacana poligami yang begitu hebatnya hingga menjadi polemik apalagi dikalangan ibu-ibu. bagi orang yang setuju dengan poligami jangan harap akan populer dimata ibu-ibu dan kaum hawa. padahal ini hanya masalah like or dislike, bersedia ato tidak bersedia. karna kalo boleh ato tidak boleh maka jawabannya adalah boleh. lagi-lagi ini gak mau bahas soal poligami, cuma karna kemaren seorang teman kita yang lain yaitu "h" begitu membabi buta membicarakannya. secara sang mantan kekasih begitu bermimpi beristri dua padahal sangat jauh dari standar laki-laki berkualitas baik secara wajah (upss..mungkin ian kasela lebih mending setingkat diatasnya wakakakak) maupun kecerdasan ato pun prilaku. kalo kasarannya, udah jelek player lagi. kita bedua yang udah sebelnya selangit gak ada habis2nya buat maki-maki orang itu.

tadi pagi juga kita bedua liat liputan di teve yang ngasih tau kalo Maia Ahmad dipilih sebagai inspiring women yang gak jelas versi siapa. ya namanya juga kita bedua yang langsung cepet kalo urusan komentar, buru-buru berkomentar negatif. ibarat kalo si teve bisa jerit mungkin dia sudah meledak dari dulu kala. karna setiap ada yang gak beres di teve langsung kita hina dan dikata-katain.
agak aneh sih, maia 'inspiring women'?? hehehe..mbak lia mencoba berpositif thinking, ya mungkin karna doski kuat menghadapi masalah rumah tangga. aku langsung protes,,,"ah itu kan masalah yang dibuat-buat. mendingan juga Omas yang dikasih penghargaan kalo kategorinya kayak gitu" secara ada informasi, kalo omas yang mencari nafkah dan suaminya gak kerja dan sadisnya berselingkuh dengan pembantunya. ckckck...

kenapa gak kayak melly manuhutu yang merintis bisnis tanaman organik dan sekarang udah jadi tren gaya hidup sehat dimana-mana. ato masih mending cincau laura yang ternyata doi punya 10 buah sekolah yang disalah satu sekolahnya dia jadi guru bahasa inggris.walopun banyak yang ngece gaya bicaranya toh, dia punya kontribusi pada dunia pendidikan.
kenapa juga gak diberikan penghargaan pada wanita-wanita yang hadir dalam acara kickandy dalam episode 'perempuan-perempuan tulang punggung' yang mencari nafkah dengan keras menggantikan peran para suami baik karna keadaan atopun karna kebutuhan. ato juga pada seorang ibu yang cuma tamat SMU dan sekarang membina kelompok tani yang sukses bahkan menandingi pengetahuan para mahasiswa jebolan pertanian, yang mengeluarkan pernyataan dari mulutnya bahwa ia menginginkan harmoni dunia!! alam ini tetap seimbang. uhh sayangnya lupa nih episode kick andy yang mana, yang jelas pas hari kartini deh. kata-kata yang mengalir dari ibu yang sederhana itu membuat saya merinding sekaligus malu pada status sebagai mahasiswa yang belum punya kontribusi apa-apa pada masyarakat dan bangsa ini. ahh bener-bener inspiring women. tapi kok bisa yang begitu gak diberi penghargaan. kok bisa salah alamat. kok bisa para aktivis perempuan hanya konsentrasi pada aspek kekerasan rumah tangga yang kadang diperjuangkan pada perempuan yang salah alamat. toh juga perempuan yang bener-bener korban kekerasan laki-laki ato rumah tangga sering luput. terkadang yang diperjuangkan adalah perempuan genit dan gatel yang kena tonjok suami karna istrinya merangsang laki-laki lain dengan vulgar. ya walopun dengan alasan apapun ini tidak dibenarkan. tapi kadang terlalu berlebihan. kenapa para buruh gendong di pasar tradisional yang dibayar hanya 500 ato seribu rupiah untuk kerja kerasnya yang kadang mengancam reproduksinya dan hanya berbekal nasi dan tempe goreng tidak diperjuangkan? dan saya benar-benar menyaksikan langsung. dan sayanganya orang-orang kayak gini cuma berakhir pada sebuah penelitian sarjana sosial dan LSM2 yang ada. padahal kalo dipikir kemana suami-suami mereka? ahh tapi terlalu buru-buru ambil kesimpulan. kalo kata mbak lia, kasian ibu kartini, perjuangannya dimasa kini disalah artikan. heheheh secara dirimu obsesinya adalah ibu rumah tangga ya mbak..

sebenarnya, pernyataan perempuan itu lemah adalah tidak 100% mutlak. karna melihat banyak kisah perempuan perkasa yang beberapa udah disebutkan diatas, dan ada yang bilang kalo perempuan lebih kuat jadi janda bertahun-tahun bahkan ampe tua, ketimbang laki-laki jadi duda. secara kemaren di 4 mata, ada bapak tua renta udah kawin 94 kali. padahal kempot dan giginya yang tersisa menggambarkan usianya sekarang. dalam hubungan seksual juga katanya, perempuan lebih lama bertahan walaupun membangkitkannya cukup susah, sementara laki-laki setelah orgasme tidak bisa bertahan lagi. padahal laki-laki selalu bangga bahwa mereka begitu kuat. ya nyatanya cuma sebatas itu saja (ehemm kok bisa ngomong gini..wah ni gara-gara begaul ama mini dolly-nya jrink cs.wakakak) dan segala perjuangan dari makhluk yang namanya perempuan yang kadang dipanggil 'ibu', 'mama', ummi, 'emak'..udah gak diragukan lagi. udah cukup banyak bukti bahwa mereka adalah sosok-sosok yang kuat melewati semua lika-liku kehidupan ini dengan tulus atopun terpaksa.udah gak perlu lagi di tulis sekian ribu kata untuk melukiskan perjuangan mereka dalam menuangkan kasih sayang pada semua yang mereka kasihi baik itu suami, anak-anak atopun keluarganya.

ya.... mungkin selain hobi menghina dina orang lain, ini juga jadi cermin buat refleksi diri sebagai anak muda yang katanya harapan bangsa ini. betapa malunya belum bisa berbuat apa-apa untuk kemajuan bangsa ini. tulisan ini gak bertendensius. gak ada pretensi apa-apa.bukan provokasi apalagi kampanye politik karna sedang ada pilkada. juga bukan mencari simpati, mentari dsb. cuma ingin melimpahkan keheranan dan refleksi diri dalam untaian kalimat yang gak ada artinya.