There was an error in this gadget

Monday, June 30, 2008

Musibah itu Nikmat

kemaren pas berkutat di solo, tiba-tiba ada sms masuk. padahal lagi heboh siap2 acara makan-makannya gege. buka inbox...ternyata sms dari teman lama, teman seperjuangan waktu di D3 dulu..."mami...aq minta doaNy biar aq cpt smbh.aq hbs kecelakaan hR sbtu kmrn d kebumen.dan da tulang yg retak......" degg...
astaghfirullah..waktu itu antara sadar gak sadar bacanya karna lagi diatas motor...kubalas sekenanya..kok bisa Na? kamu gimana?..ahhh nanti aja ditelpon biar jelas semuanya. ternyata balasannya "......mi, nikmat bgt aq d ksh cbaan ky gni.critaNy pnjg mi,......" membaca sms balasan itu mendadak seperti detik jarum waktu berhenti...Nikmat?
kecelakaan dan sakit itu nikmat?. ya,...aku cuma diam sejenak dan berusaha berfikir. ya benar.. kalimat sederhana itu bak kata ajaib di sore yang garang ini. ahh temanku itu terlalu bijak dan tabah hingga di musibah itu dia sanggup melontarkan kata-kata yang bagiku sulit ketika meghadapinya. ahh dia begitu pasrah pada kehendak Tuhan. ahhh kata-kata itu membuat aku jadi ingat bahwa banyak nikmat yang kuabaikan..
suaranya di telpon begitu lemah tapi masih terselip tawa..yang mungkin banyak maknanya. aku cuma bisa berdoa dan belasungkawa..
disaat menjenguk pun,ada lukisan pasrah dan tawakkal disana. aku jadi malu pada diri sendri. sebegitukah? padahal sang ibu yang saat cerita masih tertangkap gelombang sedih pada suaranya membocorkan rahasia kalo dihari pertama Rina hanya menangis menahan sakit. karna Tulang pinggulnya retak dan harus dijahit karna ada lukarobek. tapi mereka...selalu bilang, ini Nikmat dari Tuhan...
kata-kata itu merasuki otak dan menghantui dalam perjalanan pulang. sakit dan derita itu adalah nikmat..itu intinya. senyum pasrah mereka membuat aku harus berfikir ulang kalo sampai merutuki hidup yang kadang terasa tak seimbang ini.

Saturday, June 21, 2008

Manusiakah kita?

"konflik bisa di rencanakan atau di rekayasa untuk kepentingan politik" itulah fakta baru (atau mungkin sudah jadi rahasia umum) dari mulut beberapa oknum anggota ormas(organisasi masyarakat) yang disembunyikan dan disamarkan identitasnya. Ormas juga merupakan kendaraan politik bapak2 pejabat, itu juga dituturkan dengan gamblang di acara reportase kontroversial di trans 7 sore ini. saya yang waktu itu sedang tak enak makan sedang makan sendirian di warung padang bersama beberapa orang lain. mereka pun terkejut dengan beberapa faktayang dipaparkan. terserah apapun idealis yang dibawa oleh ormas, nasionalisme, kepemudaan atopun keagamaan. yang mengerikan bahwa konflik yang terjadi di masyarakat merupakan tumbal dari para elite yang haus akan kekuasaan. maklum menjelang pemilu. apakah kita sudah cukup sadar akan kenyaataan ini?
di reportase itu,
beberapa oknum mengakui untuk di jakarta saja di daerah thamrin beberapa ormas bisa mendapatkan penghasilan senilai milyaran rupiah...ckckckckck...
Ormas digunakan untuk membeking pejabat-pejabat, begitu diakui para oknum itu. Ormas direkrut dari mereka yang disebut preman dan dibayar mahal untuk beraksi. konflik, kekerasan, darah itu sudah halal bagi para pelaku-pelaku politik yang ada. itulah kenapa politik dikatakan kotor? hmm

sang narator mengatakan, kenapa terkesan Ormas apapun itu kebal akan hukum? langsung mendadak dalam hati saya berkata, bukannya penegak hukum juga gemar melakukan kekerasan baik secara mental atopun fisik pada masyarakat?..tidak usah dipaparkan disini karna panjang sekali nanti ceritanya. dan saya pun tidak punya kapasitas. ahhhh saya coba berpositif thinking saja.
nah bagi ormas satu yang jadi korban kekerasan, dihadiahi simpati oleh masyrakat karna eits..dizalimi, mengusung nasionalisme dan sebagainya. naiklah namanya, dapatlah suara banyak. bagi yang melakukan kekerasan dicap jelek dan sengaja digunakan untuk menyulut kemarahan. karna itu tabiat mereka..bukankah mereka juga aktor? nah...kenapa sampai begitunya pengangkapan dan pengamanan ormas. wong yang berasa diatas sebagai biang keladinya dilindungi dengan alasan..itu sah saja dalam politik. masyarakat mana ngerti....kan cuma ngurus perut, wong makan saja sukur mosok mau ngurus2 kayak gitu. dibodohikah kita? bukankah di beberapa daerah agama diangkat sebagai isu untuk mendulang sukses dalam berpolitik...ah itu sih wajar.....
di ibukota provinsi saya saja di Medan sana, ada ormas kepemudaan yang gak sedikit juga meresahkan masyarakat, menjadi barisan pengaman dalam praktek perjudian besar yang digawangi seorang preman besar di Medan yang saat ini sudah lari ke Singapura. pejabat terlibat? ah bisa saja.....polisi bagaimana? mau buat apa,kata atasan harus nurut. sudah tutup mata saja. untung saja pak sutanto bersumpah naik jadi kapolri untuk menangkap sang preman hingga harus lari terbirit2..selesaikah?? tentu jawabannya TIDAK!!!!

konflik juga kan membantu mengalihkan isu yang penting..biar kita melihat semut diseberang lebih jelas daripada gajah di depan mata. ahhh jangan su'uzon begitu. lalu harusnya media massa bijaksana menempatkan diri sebagai jembatan komunikasi politik antara infrastruktur dan suprastruktur. lho bukannya media juga punya kekuatan besar dan sangat ampuh untuk digunakan dalam mencapai kepentingan politik? media massa punya kekuatan selain massa dan juga menduduki posisi terkuat dalam struktur kekuatan kekuasaan selain 3 lembaga eksekutif,yudikatif, dan legislatif. maka opini publik ampuhh dan media salah satu punya peranan penting.

media sudah terlanjur terjebak dalam agenda politik yang direncanakan elite2 nakal yang melek media. ahh media butuh berita,media butuh keamanan dalam menjalankan aktivitas karna banyak orang yang perlu dijamin keselamatan dan kesejahteraannya. belum bisa jadi watch dog sepenuhnya. mending cari aman. kalo kata bu Susi dulu, media terpaksa terjebak dalam narasumber rutin setiap kali ada fakta baru dalam sebuah peristiwa. karna bila berani memaparkan fakta maka terancam punahlah. hmmm mengerikan... satu hal penderitaan media massa (yang diakui para jurnalis muda di bandung) adalah mengetahui sebuah fakta tapi tidak bisa memaparkannya. ironis!!!!

saya jadi terkenang, bahwa memang kerusakan adalah manusia, baik merusak diri sendiri, merusak orang lain, merusak alam, merusak hewan dan tanaman, merusak langit dan bumi. saya jadi sadar....ternyata kekhawatiran malaikat tentang manusia pada ribuan tahun lalu saat munculnya manusi pertama, menjadi alasan yang wajar. ternyata tidak ada salahnya juga. tapi...Tuhan yang Maha Tahu lebih tau apapun yang akan terjadi nanti.

sudahkah kita menjalankan fungsi ke-Adam-an kita sebagai khalifah dimuka bumi ini? yang kata Quraish shihab, bahwa khalifah (pemimpin) itu tugas utamanya adalah menjaga keseimbangan dan keharmonisan Alam. sudah adilkah kita pada alam semesta? akh....mari kita berkaca bersama-sama....

Thursday, June 12, 2008

Gubuk Kita, Rumah kita, Indonesia kita...

saya mengubek2 gambar gubuk untuk header Goeboeg Reyot saya ini. karna gambar yang kemarin tidak jelas dan rasanya kurang pas. pas cari-cari di google.. dari sekian gambar yang muncul, tertujulah saya pada sebuah gambar yang ternyata adalah entri dalam sebuah blog juga,(yuliaonarchitecture.wordpress.com). karna sepertinya ini foto karya yang empunya blog maka saya pun izin. bagi saya gambar ini walau sederhana tapi menarik. bagi saya gambar ini Indonesia banget! ada elemen gubuk, sawah yang hijau, pohon pisang yang bagi sebagian masyarakat masih diidentikkan dengan pohon yang menyimpan hal-hal yang gaib, nah indonesia banget kan..,
ada yang menarik, bagi sebagian masyarakat, inilah yang namanya simbol kemiskinan. apalagi bagi kaum eropa dan amerika. jadi ingat dulu, bos saya waktu di shikyu pernah bilang dalam diskusi..sebenarnya 'miskin' negara asia hanya sebuah stigma negara barat saja. karna miskin bagi mereka tidak punya mobil, rumah bagus dan segala tetek bengeknya. sedangkan bagi orang asia, terutama indonesia bahwa kaya ato sugih itu punya tanah banyak, sawah luas, dan kerbau sekian ratus ekor. namun rumahnya hanya atap rumbiah ato istilahnya rumah gedek kalo tidak salah, berlantai tanah. tapi apa salahnya? toh rumah bagus dan segala aksesorisnya tidak menjamin peradaban seseorang semakin baik.

semua kekayaan yang dikonsepsikan barat itu tidak menjamin bahagia dan kehangatan. tidak menjadi ukuran bisa tidur nyenyak dan leluasa. kita saja yang mungkin sudah malu dengan kondisi Indonesia yang sebenarnya. maka buru2 tutup muka, buru2 pakai topeng. kalo gak konsumtif bukan orang kaya namanya. hmmm.... kalo makan telo dan gedhang godhong miskin namanya. akhh..sedih..maka buru2 Indonesia melakukan perbaikan di semua aspek teknologi, buru2 buat pesawat, import pesawat buat militer dan sebagainya...padahal negeri yang punya predikat negeri agraria ini punya sawah yang tidak melulu sukses panennya, petaninya miskin, biaya tanam dan rawat mahalnya minta ampun. harga jualnya jauh dibawah harga baju dan sepatu para kaum berkantong tebal. semua diimport, beras, minyak, kedelai, hasil perkebunan, pertanian dan sebagainya.
saya juga pernah diberi tahu mas himawan kalao dalam bertanam padi bagi orang jawa punya ritual sendiri. ayah saya pun pernah bilang bahwa kalo mau menanam sesuatu kita harus berkomunikasi dengan bumi. berbicara dan menyayangi tanah agar ia mau tumbuh dan berbuah..karna bumi juga makhluk Tuhan yang diciptakan buat kebutuhan manusia. yang kadang manusia suka lupa diri bahwa nikmat ini dihabiskan lalu menghujat Tuhan. itulah namanya bijaksana. padahal Alam bisa begitu kejam.

ya karna malu miskin, maka kita lupa pada yang namanya kearifan lokal, kita lupa bahwa Tuhan yang punya Alam ini. bahwa Tuhan nan Adil menciptkan alam ini dengan seimbang. maka tugas kitamenjaga keseimbangannya. bila tidak maka Alam akan murka. bagi yang sadar maka menjagalah ia. namun bagi yang tidak merusaklah dia.
heiii..bukankah ini yang ditakutkan malaikat pada saat manusia diciptakan...
bahwa manusia memang suka kerusakan.....akh...tapi Allah lebih tau apa yang terjadi..

Tuesday, June 10, 2008

Iman Mutiara

pagi yang cerah dan sejuk ini saya membuka playlist. udah beberapa hari ini yang diputer lagu-lagu yang berasal dari satu folder yang saya kasih nama 'sisi relijius' pastinya isi lagunya, yang mengingatkan saya pada sang maha pencipta. entah kenapa ada energi yang membuat saya membuka playlist itu. dari semua lagu ada satu lagu raihan berjudul 'iman mutiara', lagu ini membuat otak saya berhasil dengan mmudah me-recall sebuah memori yang saya sendiri tidak ingat betul kapan persis hal itu terjadi.
tapi saya ingat betul, waktu itu siang hari, mungkin saat itu saya masih SMP. saya menyetrika baju sendiri, hari itu persis hari jumat.kenapa? karna waktu itu radio yang terkenal di kota saya memutar lagu-lagu nasyid yang menjadi ciri khas kalo sudah menjelang solat jumat. pada saat asyik menyetrika, diputarlah lagu 'iman mutiara' itu. bait demi bait...sampailah pada kata-kata

.................
iman tak dapat diwarisi dari seorang ayah yang bertakwa
ia tak dapat dijual beli
ia tiada ditepian pantai......

mendadak mata saya meleleh, ada haru yang luar biasa. saya merasa ditunjuk hidungnya oleh kata-kata itu. saya sadar betul, ayah saya termasuk orang yang rajin beribadah, solat selalu tepat waktu...selalu marah kalo waktunya azan kita masih diam menonton teve. begitu juga kakak-kakak saya, yang laki-laki selalu siap sedia bahkan sebelum azan dikumandangkan. kakak perempuan saya, benar-benar beribadah bahkan ikut kegiatan keagamaan yang rutin dan intens. lalu saya?..pada waktu itu...
solat saya cuma 2 kali pertemuan dalam sehari. padahal agama dikenalkan pada saya sudah sejak masih jadi orok.

saya heran, marah protes, kenapa saya gak bisa kayak mereka. bahkan kakak-kakak saya diberi nikmat lebih secara spritual. lalu saya? hanya mendengarkan...hanya merasa repot kalo ibadah , hanya merasa itu kan jadwal saja. tak lebih.... tapi itulah bijaksananya Tuhan, saya diberi orang tua yang berbeda cara mendidiknya dengan orangtua lain. saya tidak pernah dipukul kalo tidak solat, tidak pernah dikejar-kejar kayak maling kalo tidak beribadah ato mengaji madrasah. tapi saya diberi CONTOH, teladan, agar saya iri, lalu rindu, lalu terpanggil... karna didikan ayah saya masih sangat sederhana,
kau disekolahkan dan dimasukkan pengajian madrasah dan baik-baik di masyarakat itu sudah cukup, selebihnya berkembanglah !!! awalnya saya merasa ahh orang tua saya tidak aktual dalam hal mendidik. tapi ternyata ada kesan, ada sesuatu yang ditinggalkan dalam sanubari saya. walaupun saat ini benteng yang dibangun orang tua saya sejak kecil sering saya lompati dan keluar sejenak untuk mengarungi smudera hidup yang kadang sangat besar arusnya..tapi semoga ketika kembali masuk ke benteng itu saya masih punya waktu dan masih punya tempat didalamnya.

entahlah...lagu yang inspiratif itu mengantar saya pada satu kekuatan yang tak terdefenisikan. satu proses yang menemani sejarah relijius saya yang sekarang masih porak poranda, tambal sulam oleh karna ulah saya sendiri dan oleh karna tembok besar itu sering saya lompati untuk melihat-lihat semua yang serba



Saturday, June 07, 2008

si Jimi yang berbahaya diimport!!!

apa sih yang gak dibuang ke Indonesia oleh negara-negara luar yang terkadang dengan dalih diimport baik oleh lembaga atopun perorangan. Baru-baru ini hasil tangkapan bea cukai Tangerang, ada 6 ekor ular yang diimport ke Indonesia dari Amerika yang namanya Jimi snakes. Ternyata setelah diteliti bahwa si Jimi yang dititip melalui jasa titipan ini sangat berbahaya dan bisa mematikan flora dan fauna yang ada di Indonesia.(liat di www.metrotvnews.com) apalagi ini??
setelah dulu sampah perangkat komputer bekas dari cina, sampah-sampah basah kering dari eropa, bahkan yang menyedihkan sampah ato limbah kondom bekas yang belum lama juga diketahui. wah Indonesia yang 'beautiful city' -kata nadine- ini bener2 udah dijadiin recycle bin raksasa oleh negara-negara luar baik asia atopun eropa. pertanyaannya kok mau? kok bisa, gimana pengawasannya dari pihak yang berwenang? ada isu besar juga bagi saudara-saudara kita di Irian sana, yang katanya virus AIDS sengaja di import kesana untuk memusnahkan penduduk asli untuk dikeruk kekayaannya. hah??? ada apa ini?

gak cuma itu yang jelas2 mengenaskan....di eropa sana ada beberapa negara yang dinyatakan negara peringkat teratas berudara bersih dan bebas polusi. ya terang aja...wong buat pabriknya di negara-negara ke-3.. apalagi Indonesia..di jakarta, tangerang karawang itu kurang banyak apa pabrik milik perusahaan eropa ato amerika. semuanya komplit ampe limbah2 serta polusinya. nah lho...jelas aja mereka hirup udara bersih, kita yang disini keracunan polusi? cuma numpang produksi nih ye... berarti kan penjajahan belum berakhir kawan... kita gak bisa apa-apa...jadi budak di negara sendiri. negaranya makin hancur, lingkungannya makin gak karuan. remuklah bangsa ini.
BURUHnya? mana pernah buruh di prioroitaskan. makin miskin dan tertekan aja. padahal tenaganya diperas abis2an. PNS dan TNI udah dibela mati2an. dinaikkan gajinya. apalagi bapak2 yang ada di DPR sana. gajinya satu truk (kalo pecahan 100 rupiah logam). tapi buruh? mana ada. gajinya paling standart. paling minimum. jadi, dari interval yang ada, ukuran yang paling minimum itulah gaji buruh kita. nasibnya tergantung kontrak!! kesejahteraannya impian belaka.
padahal jajaran direkturnya apalagi komisariatnya cuma ongkang-ongkang kaki. dengan gaji yang minimum itu buruh tambah dicekek dengan harga yang meroket. hah??? itulah Indonesia. TKInya di siksa, Buruhnya diperas, Gurunya miskin, Sekolahnya ambruk, Buminya di keruk, lingkungannya di hancurin, rakyatnya kelaparan, tapi Duitnya mengalir ke Amerika dan Eropa. apa lagi yang kita punya??
entahlah....saya pun termasuk dalam kategori anak muda yang belum tau dan jelas arah langkah saya...dan belum bisa berbuat apa-apa pada negeri khatulistiwa ini.

Friday, June 06, 2008




3 Cowok Kece.... Lucu tauuuu!!!!

ketiga cowok diatas emang keren. bikin gemes dan geregetan. aku bener2 suka ama mereka, bukan karna stereotype mereka yang kribo tapi kebetulan aja. emang sih secara wajah dan fisik mereka gak ganteng. tapi....satu kesamaannya adalah punya suara bagus en enak didenger. Aji Idol yang jelas banget kalo suaranya emang membuatnya terkenal saat ini di Indonesia Idol. hmmm gak nyangka aja, wajah sekocak itu yang kalo pertama liat pasti ni tingkahnya model2 the changcuter..eh ternyata suaranya lembut. beberapa tarikan persis kayak John Legend favorit-mbak don yang merhatiin duluan- yang favorit kite bedua. wah Afgan bisa kalah saing ni hehehe.. apalagi disetiap penampilannya di Idol yang kata Anang selalu bikin surprise bener-bener asik dan keren. apalagi jumat kemaren. tampil bawain lagu Galih ratna, dengan baju ala 70-an bawa onthel ke panggung..dan yang mengejutkan rambut kruelnya di bonding lurus abiss...heheh yang ngakunya dia pusing banget..tapi tentunya suaranya oke juga. wong kata indra lesmana, "kamu ini emang dilahirkan untuk jadi entertainer"...

nah kalo Om Wimar ama arie dagienk kebetulan aja bodinya gendut en gemesin. tapi kalo Om wimar selain cerdas juga penampilannya lucu dan kocak. suaranya juga gemesin. serak tipis yang bikin gak kuat. hehehe.wah jadi seru, makanya nonton deh acaranya 'perspektif wimar' di ANTV setiap pagi. acaranya berisi informasi yang penting namun disajikan ringan. ada bintang tamunya juga....hmmm..

nah kalo arie dagienk, setiap wadia bala prambors pasti negrti banget ni.. secara setiap pagi berkoar-koar bareng desta di 'putuss'..selain cerdas, tentunya doi suaranya gemesin apalagi kalo ketawa ngakak gemesin banget pengen ditampar...hihihihih..lucu deh tampangnya juga gemesin.

ketiga orang ini, tampangnya gemesin...gayanya asik. unik dan yang pasti suaranya yang kece bikin gimana gitu....pengen ketemu trus nyubit trus digemesin ampe puas!!!