Monday, June 30, 2008

Musibah itu Nikmat

kemaren pas berkutat di solo, tiba-tiba ada sms masuk. padahal lagi heboh siap2 acara makan-makannya gege. buka inbox...ternyata sms dari teman lama, teman seperjuangan waktu di D3 dulu..."mami...aq minta doaNy biar aq cpt smbh.aq hbs kecelakaan hR sbtu kmrn d kebumen.dan da tulang yg retak......" degg...
astaghfirullah..waktu itu antara sadar gak sadar bacanya karna lagi diatas motor...kubalas sekenanya..kok bisa Na? kamu gimana?..ahhh nanti aja ditelpon biar jelas semuanya. ternyata balasannya "......mi, nikmat bgt aq d ksh cbaan ky gni.critaNy pnjg mi,......" membaca sms balasan itu mendadak seperti detik jarum waktu berhenti...Nikmat?
kecelakaan dan sakit itu nikmat?. ya,...aku cuma diam sejenak dan berusaha berfikir. ya benar.. kalimat sederhana itu bak kata ajaib di sore yang garang ini. ahh temanku itu terlalu bijak dan tabah hingga di musibah itu dia sanggup melontarkan kata-kata yang bagiku sulit ketika meghadapinya. ahh dia begitu pasrah pada kehendak Tuhan. ahhh kata-kata itu membuat aku jadi ingat bahwa banyak nikmat yang kuabaikan..
suaranya di telpon begitu lemah tapi masih terselip tawa..yang mungkin banyak maknanya. aku cuma bisa berdoa dan belasungkawa..
disaat menjenguk pun,ada lukisan pasrah dan tawakkal disana. aku jadi malu pada diri sendri. sebegitukah? padahal sang ibu yang saat cerita masih tertangkap gelombang sedih pada suaranya membocorkan rahasia kalo dihari pertama Rina hanya menangis menahan sakit. karna Tulang pinggulnya retak dan harus dijahit karna ada lukarobek. tapi mereka...selalu bilang, ini Nikmat dari Tuhan...
kata-kata itu merasuki otak dan menghantui dalam perjalanan pulang. sakit dan derita itu adalah nikmat..itu intinya. senyum pasrah mereka membuat aku harus berfikir ulang kalo sampai merutuki hidup yang kadang terasa tak seimbang ini.

No comments: